Share/Bookmark

Bachtiar Sofa 02

No comment yet
Sofa jati atau sofa santai yang umum diproduksi oleh hampir semua workshop furniture
Foto : Bachtiar Sofa 02 atau Sofa Bachtiar 02 The Noto's
Keluarga Indonesia dan anggotanya keluarganya pasti meluangkan waktu santai bersama. Entah itu dengan sesama mereka, handai tolan yang lain, atau rekannya. Salah satu kebutuhan untuk menunjang hal itu adalah keberadaan sofa, meskipun ada yang lebih suka lesehan atau menggunakan kursi tamu. Sofa secara prinsip ada dua jenis, yaitu sofa yang ditempatkan didalam rumah (masuk interior) dan luar rumah (eksterior) seperti di taman dan teras. sofa interior cenderung lebih mewah, bersih, dan tidak harus tahan cuaca. Sementara sofa eksterior cenderung simple, tahan cuaca, mudah dibersihkan, dan kuat.


Kali ini fokus membahas sofa eksterior. Di Indonesia, sofa jenis ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Sebagai negara tropis, sofa ekterior menjadi budaya masyarakat. Salah satu yang paling sering dijumpai adalah sofa dari ayaman bambu yang bentuknya simple. Namun, sofa bambu ini umurnya tidak lebih dari 5 tahun, sesuai umur pakai bambu. Bambu kurang handal jika diberi tugas berat (sering diduduki lebih dari 3 orang) dan rentan gangguan tangan usil. Berbeda dengan sofa yang lebih tahan dan berusia lama. Sofa yang mahal juga membuat orang enggan untuk mengusili sofa tersebut.


Secara prinsip, sofa yang ditempatkan di eksterior memiliki design yang simple, tapi kuat. Finishing-nya pun sederhana, hanya diplitur sehingga tetap menonjolkan kemewahan tekstur kayu jati. Karena ditempatkan diluar pintu rumah, sofa eksterior lebih cenderung mudah kotor terutama dari debu. Sehingga, design harus bisa menfasilitasi rutinitas perawatan kebersihan ini.


Terakhir, tingkat kenyamanan juga harus diperhatikan. Satu hal, tempat duduk dari kayu sangat keras, sehingga beberapa orang merasa tidak nyaman. Pemberian alas berupa alas bawah dan sandaran dari kapuk atau busa akan menjadi solusi kenyamanan. Alas bawah dan sandaran diberi sarung yang bisa diganti jika sudah kotor. Ini merupakan trik cerdas karena penempatan di luar membuat alas dan sandaran sofa mudah kotor akibat debu maupun interaksi dengan pengguna.

Posting Komentar

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 The Noto's | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER